Sabtu, 24 Oktober 2015

NIAT DAN KEBAIKAN

Tulisan : Kebaikan Tak Selalu Menemukan Jalan
Kebaikan itu tidak selalu menemukan jalannya, kabar baiknya bahkan kebaikan ketika masih menjadi niat sudah mendapatkan pahala.Tidak setiap niat baik kita akan menemukan jalan untuk mewujudkan, bukan? Kadang terbentur oleh keadaan, oleh situasi, oleh penolakan orang lain, atau entah oleh apapun yang tidak kita sangka.

Niat baik pada akhirnya akan tetap menjadi sebuah catatan yang nantinya terhimpun. Bila niat baik kita belum menemukan jalan untuk mewujudkannya, jangan pernah berhenti berbuat baik meski masih menjadi niat. 

Mengutarakan niat baik memang tidak mudah, kadang salah dipahami oleh orang lain, kadang pula orang lain terlanjur melihat ketidakbaikan kita sehingga sebaik apapun niat kita tidak akan pernah terlihat baik di mata orang lain. Berbuat baik memang ujiannya tidak sederhana, tujuannya tentu untuk menguji sejauh mana kita sanggup mempertahankan niat baik kita, sekuat apa niat baik yang kita miliki.



Hari ini kita belajar untuk menjaga niat. Sepanjang niat itu terjaga, maka catatan tidak akan berhenti di tulis. Selamat menjaga niat baik :)

Rumah, 6 Oktober 2015 | ©kurniawangunadi
http://kurniawangunadi.tumblr.com/post/130615875122/tulisan-kebaikan-tak-selalu-menemukan-jalan

Malam ini aku menyempatkan membaca tulisan-tulisan beliau. Aku jadi ingat tentang apa yang dikatakan oleh murabbiku terkait dengan amanah. Bahwa sadar atau tidak disadari, semua amanah adalah berat. Ada peribahasa yang mengatakan, bahwa amanah tak kan salah memilih pundak bukan?
Nah, keistiqomahan niat pemegang amanah inilah yang akan dipertanggungjawabkan nantinya bukan?

Setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas segala yang dipimpinnya, yang diputuskannya. Dan aku, kita, merupakan pemimpin bagi diri kita masing-masing. Jangan sampai karena begitu semangatnya kita, semua amanah kita pegang. Jangan-jangan niat kita sudah tak baik karena mementingan eksistensi diri didalamnya. Pada akhirnya, menyebankan kefuturan hati, akibat kelelahan menjalaninya. Lelah akibat perasaan kita, lelah karena merasa jerih payah kita tak dihargai oleh mereka, yang manusia.

Ya Rabbi, sadarkan hati ini. Bahwa memang amanah ini tak untuk dinilai oleh mereka. Sesuatu yang hanya Engkau yang berhak menilainya.

"Berbuat baik memang ujiannya tidak sederhana, tujuannya tentu untuk menguji sejauh mana kita sanggup mempertahankan niat baik kita, sekuat apa niat baik yang kita miliki"

Semoga hati ini senantiasa diluruskan niatnya.
Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar